top of page
  • Writer's pictureirma widiana

No more unplanned downtime, produksi meningkat: Manufaktur alat berat di Jakarta

Manufaktur alat berat K****** di Jakarta Utara perlu memantau parameter proses produksinya. Dengan sensornode dan gateway Pabrik Pintar, seluruh parameter proses pabrik dapat dipantau secara otomatis. Pabrik dapat terhindar dari unplanned downtime, sehingga target produksi dapat terpenuhi.


Bagaimana Pabrik Pintar memberikan solusi untuk menjawab tantangan pabrik ini?

Simak penjelasan berikut..


Lokasi ekstrem bukan kendala, kesehatan motor dapat diestimasi dengan Pabrik Pintar.

Kondisi kesehatan motor dapat diketahui dari 3 aspek yaitu suhu, vibrasi, atau kelistrikan. Tantangan di pabrik alat berat yakni kondisi panas dan debu yang ekstrim, bukanlah kendala bagi sensornode dan gateway Pabrik Pintar. Data suhu dan kelistrikan diolah dengan algoritma Artificial Intelligence di aplikasi Pabrik Pintar untuk mendeteksi anomali.



Tim maintenance dapat menjadwalkan inspeksi dan perbaikan, jauh sebelum motor rusak / unplanned downtime.


Efisiensi sand reclamation meningkat berkat pemantauan suhu pasir secara kontinu.

Pabrik Pintar membantu pengukuran suhu pasir pada proses sand reclamation. Ketika parameter suhu pasir inlet dan outlet keluar dari threshold, Pabrik Pintar mengirim alarm ke tim maintenance.

Lewat real time alarm ini, proses reklamasi pasir dapat dijaga pada parameter proses optimal, sehingga ongkos produksi tidak melebihi bujet dan usia mesin bisa lebih panjang.


Tidak ada lagi kebocoran angin di pipa output kompresor, sehingga ongkos produksi sesuai bujet.

Selama ini kerugian konsumsi energi hingga 20% disebabkan oleh kebocoran udara pada saat proses produksi. Biasanya kebocoran kecil dibiarkan saja dan tidak diperbaiki sampai menjadi besar, bahkan hingga proses produksi terpaksa berhenti.

Dengan Pabrik Pintar, kebocoran udara yang kecil dapat diketahui dengan cepat dan segera ditanggulangi.


Sistem monitoring parameter proses tidak hanya cocok untuk pabrik mesin alat berat saja. Bagi kalian yang bekerja di pabrik makanan, minuman, kimia, dan lainnya, hubungi Pabrik Pintar ya untuk mengotomatisasi pemantauan parameter proses di pabrik kalian. Digitalisasi pabrik bisa murah dan mudah dalam hitungan hari bersama kami.

www.pabrikpintar.com

6 views0 comments
bottom of page